“ Apa Itu Asam Urat ”

aid755277-728px-Get-Gout-Relief-at-Home-Step-1-Version-2

Apa Itu Asam Urat atau gout merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala dengan sakit yang tidak tertahankan, bahkan pembengkakan, dan diikuti rasa panas pada persendian. Meski semua resiko sendi di tubuh bisa terkena penyakit asam urat,akan tetapi yang paling sering terserang adalah sendi-sendi pada jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.
Pada umumnya Laki-laki lebih rawan terkena penyakit itu dibandingkan pada perempuan, terutama pada usia mereka kisaran di atas 30 tahun. Dan pada perempuan, penyakit ini biasanya akan timbul setelah menopause.
Orang yang terkena serangan penyakit asam urat akan merasakan perubahan gejala yang cepat dalam jam-jam pertama. Dan rasa sakit bisa terjadi selama 3 samapai 10 hari. Pembengkakan dapat juga di daerah sekitar sendi yang sakit disertai warna kulit yang memerah/ruam. Untuk tahap ini, penderita tidak mampu bergerak secara leluasa.

Salah kaprah

Di Indonesia, orang masih dijumpai yang salah kaprah dalam menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal pada rematik merupakan istilah umum yang dipakai untuk rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Pada penyakit asam urat (gout/pirai) hanyalah salah satu yang menyebabkan nyeri pada persendian.
Mengenali gejala dan tanda pada asam urat dapat memudahkan seseorang untuk membedakan dengan nyeri sendi yang dikarenakan oleh kondisi atau penyakit lain.
Dan banyak orang selalu mengira apabila kadar asam urat dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka hal ini akan terkena gout/asam urat. Hal ini tidaklah benar, sebab dari hasil riset, hanya sekitar 1/3 orang penderita hiperurisemia yang mengalami gout/asam urat.
Penyebab penyakit asam urat
Rasa nyeri dan pembengkakan terebut akibat penyakit asam urat karena disebabkan karena tusukan-tusukan yang berupa kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat dari penumpukan zat asam pada urat. Jika seseorang yang hobi mengonsumsi makanan dengan kandungan asam urat cukup tinggi seperti jeroan, hidangan laut, daging merah dan juga seseorang yang gemar meminum minuman beralkohol akan terkena dan berisiko tinggi terkena penyakit tersebut / asam urat. Dan penyakit ini juga patut diwaspadai oleh orang-orang yang memiliki obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.
Menurut hasil penelitian, seseorang yang memiliki anggota keluarga sebagai penderita penyakit asam urat juga akan dapat terkena kondisi yang sama,karena penyakit ini bersifat genetik juga.

masih banyak cara alami mengobati asam urat dan rematik,yang tersebar di sekitar kita apa lagi sekarang banyak yang sudah berbentuk  kemasan yang lebih praktis tanmpa harus sulit mengemasnya..

sumber : http://caraalamimengobati.com/

Related Posts

About The Author